Hartabonan.com - Janji pihak BlackBerry untuk segera meluncurkan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) untuk perangkat Android dan iOS yang sempat tertunda bulan lalu akhirnya terlaksana hari ini. Pengguna Android sekarang bisa mengunduh aplikasi percakapan yang sebelumnya hanya tersedia pada perangkat BlackBerry ini di Playstore atau ke sini, tentunya secara GRATIS.
Aplikasi BBM for Android sebetulnya siap diluncurkan pada tangga  21 September lalu. Namun, ketika itu muncul "bocoran” aplikasi BBM segera diunduh lebih dari sejuta pengguna di seluruh dunia. Akibatnya, server BlackBerry kewalahan menangani permintaan registrasi sehingga aplikasi itu tak bisa digunakan. Hanya mereka yang menggunakan perangkat Apple berbasis sistem operasi IOS yang beruntung bisa tetap menggunakan aplikasi populer ini. Pengguna Android harus menunggu, hingga akhirnya kembali diluncurkan mulai hari ini.
Bagi pemakai Android yang pada bulan lalu sempat melakukan registrasi ke www.bbm.com dan mendapatkan nomor PIN, jika men-download hari ini, langsung bisa menggunakan BBM-nya dengan normal. Namun, bila belum sempat mendaftarkan BlackBerry ID, setelah men-download, Anda akan dipandu untuk register mendapatkan BlackBerry ID baru dan diminta menunggu pemberitahuan kapan BBM-nya bisa dipakai. 
"Karena permintaan registrasi begitu banyak, kami menempatkan Anda dalam daftar antrean dan akan segera kami infokan begitu giliran Anda tiba,” demikian pengumuman dari pihak BlackBerry bagi pengguna baru.
Dalam aplikasi BBM versi IOS ini, tidak semua fungsi BBM "asli” tersedia. Fungsi dasar, seperti bercakap melalui "japri” (jalur pribadi) maupun dalam grup, tetap tersedia. Demikian pula fungsi pengiriman file gambar dan video. Namun fungsi BBM Voice seperti tersedia pada versi terbaru BBM di BlackBerry tidak ada. Begitu pula fungsi BBM Video yang tersedia di BlackBerry versi 10 belum disediakan. Selebihnya, BBM ini bisa digunakan dengan normal.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top